The A for Your Kids


Bukan hanya wortel yang berguna untuk menyehatkan mata makanan lainnya seperti buah dan sayuran berwarna kuning, oranye serta merah juga sangat baik untuk memelihara indra penglihatan. Karena terdapat kandungan karoten dan pigmen alami yang bermanfaat dalam menjaga kesehatan mata. Kentang dan sayuran berdaun hijau tua, seperti bayam, katuk, brokoli juga terdapat zat tersebut.

Betakaroten juga paling efisien diubah menjadi vitamin A daripada bentuk karoten lainnya. Karoten ini masih berbentuk provitamin A dan tubuh harus mengubahnya terlebih dahulu menjadi vitamin A. Enzim khusus yang berada dalam saluran pencernaan akan memecah satu molekul betakaroten menjadi setengahnya, untuk kemudian diubah menjadi dua molekul vitamin A.

Tidak seluruh karoten bisa diubah karena sebagian besar akan dihancurkan dan dibuang bersama feses. Supaya karoten bisa diserap secara optimal maka fungsi serap lemak harus normal dan asam empedu serta aktivitas enzim lipase harus cukup. Selain karoten, vitamin A juga penting untuk kesehatan mata dan biasanya terdapat pada produk hewani seperti hati,telur, susu, daging dan ikan. Di dalam tubuh, efisiensi penyerapan vitamin A dari hewani jauh lebih baik ketimbang provitamin A dari nabati.

Zat gizi lain yang juga penting untuk menjaga kesehatan mata anak adalah asam dokosaheksaenoat (DHA), yakni asam lemak tak jenuh ganda (PUFA). DHA ini tergolong asam lemak omega 3 yang terdapat pada ikan dan minyak ikan. Asam lemak ini merupakan asam utama yang ditemukan pada retina mata. Pada retina, konsentrasi asam lemak ini cukup tinggi.

Vitamin A bersifat larut dalam lemak dan jika dikonsumsi secara berlebihan akan mudah disimpan dalam tubuh. Asupan berlebihan dapat menimbulkan overdosis, yang menimbulkan gejala hipervitaminosis. Gejalanya adalah pusing, mual, kulit mengelupas atau kasar, perdarahan, dan tubuh menjadi kurus.

Anak yang kekurangan vitamin A, mudah dikenali adalah buta senja tetapi bisa ditanggulangi dengan mengkonsumsi hati. Jika tidak cepat ditanggani akan muncul xeroftalmia atau kelainan mata. Biasanya akan terlihat bercak bitot yang merupakan bercak putih berbuih dan berbentuk segitiga, yang terdapat di daerah nasal kornea mata. Jika berlanjut, mata akan rusak dan kemungkinan akan mengalami kebutaan karena retina dan kornea mata rusak.

Kekurangan vitamin A selain menyebabkan kebutaan juga menurunkan daya tahan tubuh sehingga anak mudah terserang penyakit infeksi seperti campak, diare dan tuberkulosis paru. Konsumsi vitamin A yang cukup akan meningkatkan sistem imun tubuh, sehingga anak terhindar dari penyakit.

Defisiensi vitamin A juga telah terbukti dapat menghambat pertumbuhan tulang dan terbentuknya gigi yang sehat. Oleh karena itu, kecukupan konsumsi vitamin A pada anak-anak yang sedang mengalami proses tumbuh kembang, harus selalu menjadi perhatian anda sebagai orangtua.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: