Ketahui Perkembangan Penglihatan Dan Pendengaran


Cara termudah yang dapat dilakukan untuk kemampuan penglihatan dilakukan dengan cara mengarahkan sinar yang tidak terlalu terang pada mata anak. Beri jarak yang cukup antara sinar dan mata, kemudian geser pelan-pelan sinar tersebut ke kiri dan kanan, jika sang anak mengikuti arah sinar tersebut berarti kemampuan melihatnya sudah baik. Sedangkan untuk mendeteksi kemampuan pendengaran dilakukan dengan bantuan mainan bayi yang memiliki lonceng atau kerincingan. Indikasi pendengaran baik dapat dilihat apabila anak menangis dan kemudian jika ditaruh mainan kerincingan tersebut di depannya maka Ia akan diam.

Sehingga apabila salah satu fungsinya terdeteksi bermasalah semenjak dini, maka penanganan untuk masalah itu pun dapat dilakukan secepat mungkin demi mencegah keadaan memburuk.

Perkembangan anak yang dalam hal ini berhubungan dengan kemampuannya seperti berbicara, menulis, atau berjalan bukanlah perkembangan secara alami. Terus melatih anak adalah kunci anak mendapatkan perkembangan kemampuan optimal.

Beberapa ciri khas tumbuh kembang anak yang normal secara umum menurut klasifikasi umurnya. Segera konsultasikan tumbuh kembang anak Anda pada Puskesmas terdekat atau Rumah Sakit apabila menemui kejanggalan pada tumbuh kembang anak Anda.

Sumber: http://www.perempuan.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: