Cerdas Menyikapi Kandungan Susu Formula


Asam lemak. Saat ini memang banyak susu formula yang diperkaya dengan asam lemak omega-3 (asam linolenat) dan omega-6 (asam linoleat). Kedua asam lemak itu merupakan asam lemak esensial. Omega dipakai sebagai istilah letak ikatan ganda pertama. Pada omega-3 menunjukkan ikatan ganda dimulai dari karbon ketiga dan omega-6, dimulai dari karbon keenam.

Setelah mengalami proses dalam tubuh, omega-3 akan menghasilkan tiga senyawa aktif yaitu DHA, EPA dan asam alfalinolenat (LNA). Dari omega-6 akan dihasilkan asam lemak linileat (LA) dan asam lemak arakhidonat (ARA).

DHA (docosahexaenoic acid) maupun EPA (eicosapentaenoic acid) merupakan jenis asam lemak yang berguna bagi perkembangan otak dan retina. Semua kandungan zat itu sebenarnya terdapat pada ASI. Kandungan susu formula, terutama untuk bayi usia di bawah 1 tahun dan bisa sebagai pengganti ASI. Itu sebabnya para produsen lalu menambahkan zat-zat yang hampir sama dengan ASI.

Perlu diperhatikan, zat tersebut memang ada dalam susu formula dan tergantung seberapa banyak kadarnya. Jika jumlahnya sedikit maka efek yang diberikan bagi perkembangan otak tidak terlalu banyak, meski kandungan zat tersebut tetap bermanfaat bagi otak.

Jumlah Cukup. DHA berperan untuk jaringan pembungkus saraf atau myelin, yang nantinya akan melancarkan pengantaran perintah saraf. Dengan kata lain, zat itu membuat jaringan saraf agar mampu mengantar rangsang saraf ke otak dengan lebih baik. Untuk itu, asupan DHA yang termasuk asam lemak tidak bisa disintesis dalam tubuh ini harus dalam jumlah yang cukup.

Sekitar 25 dari 60 persen lemak, yang merupakan komponen utama struktur otak adalah DHA. Asam lemak ini diperlukan sejak bayi masih dalam kandungan hingga lahir dan tumbuh dewasa. DHA juga penting bagi struktur sistem penglihatan.

Penambahan DHA maupun EPA tidak hanya pada susu formula untuk bayi di bawah 1 tahun tapi juga untuk usia di atas 1 tahun. Sebenarnya tidak ada perbedaan mencolok antara susu tersebut, tapi susu formula untuk bayi berusia dibawah 1 tahun biasanya lebih tinggi lemak. Sebaliknya, susu untuk usia di atas 2 tahun umumnya tinggi kandungan protein.

ASI Terbaik. Pemberian susu formula bagi bayi berumur di bawah satu tahun sangat tidak dianjurkan. Para dokter selalu menganjurkan pemberian ASI, hingga bayi berusia 6 bulan. Karena memang sangat bagus untuk perkembangan otak, pemberian ini dimaksudkan untuk mempersiapkan sistem pencernaan bayi. Saat lahir, enzim pencernaan pada bayi masih belum lengkap dan hanya bisa digunakan untuk mencerna ASI.

Selain untuk memperkuat sistem pencernaan, ASI juga sangat diperlukan untuk perkembangan otak. Perkembangan otak bayi paling cepat terjadi hingga usia 6 bulan. Secara fungsional, fungsi otak pada bayi yang baru lahir baru 10-25 persen dan sangat kecil. Sejalan dengan pertumbuhan serta asupan ASI, otak bayi akan berkembang.

Jarang Sakit. Bayi yang mendapatkan ASI memiliki tingkat kecerdasan yang lebih tinggi daripada yang hanya mendapat susu formula. Kemungkinan terjadinya penyakit degeneratif pada bayi yang mendapat ASI di saat dewasa, juga lebih sedikit daripada mereka yang hanya mendapat susu formula.

Bayi yang mendapat ASI tidak segemuk bayi yang mendapat susu formula. Pertumbuhannya pun lebih bagus karena umumnya jarang sakit. Tidak seperti susu formula, ASI juga tidak menyebabkan diare. Gula susu sapi (laktosa), pada beberapa bayi bisa menyebabkan diare. Sebagai gantinya, harus menggunakan susu formula yang tidak mengandung gula susu. Jadi anda bisa gunakan susu kedelai yang memang harganya lebih mahal , jika tidak ingin mahal maka anda bisa gunakan ASI saja karena memang semua zat gizi bagi bayi ada dalam ASI.

Tetapi tidak semua ibu bisa memberikan ASI secara eksklusif karen banyak faktor yang menyebabkan hal tersebut terjadi.  Masalah psikologis yang dialami oleh ibu pasca melahirkan atau puting susu yang tidak normal, sehingga tidak bisa diisap oleh bayi, bisa membuat ibu tidak mampu menyusu. Sehingga disinilah perlunya susu formula dan bisa dikatakan susu formula yang banyak beredar saat ini sudah lebih baik karena banyak zat tambahan yang diberikan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: