10 Cara Mudah Mengatasi Perbedaan


Mengalah, pastinya merupakan salah satu kunci sakti dalam melerai semua perbedaan yang ada. Berikut ada beberapa hal yang mungkin bisa menjadi pertimbangan untuk anda.

1. Pastikan anda tidak bingung membedakan antara mencintainya atau membutuhkannya. Butuh didasarkan pada rasa tidak aman dan ketergantungan. Bila anda membutuhkannya berarti anda tidak akan bisa hidup tanpanya.

Berbeda ketika anda mencintainya. Cinta berarti anda bisa tetap terus melanjutkan hidup dan berbahagia meski dia tidak ada di dekat anda. Anda bahkan tetap mampu mengasihinya saat romansa itu tak lagi terjalin.

2. Ketika Anda merasa melakukan sesuatu yang buruk atau kesalahan, katakanlah kepada pasangan Anda segera. Tak ada salahnya anda meminta maaf dan memperbaiki kesalahan tersebut.

3. Jika permintaan maaf Anda tidak diterima, Anda harus memaafkan diri sendiri. Anda hanya dapat mengajukan permintaan maaf, namun tidak bisa memaksa seseorang untuk memaafkan.

4. Jadilah pengontrol tunggal atas emosi Anda sendiri.

5. Belajarlah untuk mengatasi emosi Anda tanpa menyalahkan pasangan Anda. Bertanggung jawab penuh atas rasa tidak aman, membela diri atau pun ketika kebutuhan emosional anda tidak terpenuhi.

6. Belajarlah untuk mengelola emosi negatif Anda sendiri. Semakin sering Anda dapat melakukan hal ini, semakin Anda mampu membantu pasangan Anda.

7. Tanyakan pada diri sendiri, “apa yang bisa saya lakukan untuk merasa lebih baik?” Daripada pusing memikirkan apa yang harus orang lain lakukan untuk anda.

8. Tanyakan pada diri anda, “bagaimana saya ingin pasangan saya merasa?” dan “apa yang bisa saya lakukan untuk membantunya merasa seperti itu?”

9. Belajarlah untuk mengidentifikasi emosi saat Anda merasa “marah”.

10. Pelajari cara untuk memberitahu pasangan Anda apa yang Anda butuhkan darinya. Ingatlah bahwa terkadang mengekspresikan perasaan Anda dapat memicu perasaan defensif dari orang lain. Tak jarang dia justru malah merasa terpaksa harus bertanggung jawab dan tertekan dengan kebutuhan anda itu.

Karena itu, lebih baik jadilah orang yang dapat bertanggung jawab pada diri sendiri daripada mengharapkan pasangan anda melakukan sesuatu yang membuat anda merasa lebih baik.

Sumber: http://www.perempuan.com/index.php?aid=22919&cid=9&08%2F20%2F10%2C09%3A08%3A49

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: