Jadilah Buah Bibir


Polesan lipstik berpelembap maupun lipgloss mengilat, mung-kin menjadi pilihan untuk menyulap bibir terlihat segar dan seksi secara instan. Namun, itu bukan solusi untuk mendapatkan bibir sehat. Syarat bibir yang sehat adalah kondisi bibir harus terlihat me-rona segar dan kulitnya terlihat sehat, meski tanpa polesan lipstik dekoratif. Kenali penyebab bibir tak sehat dan atasi keluhan yang dirasakan, agar penampilan lebih maksimal.

Masalah nomor satu:
BIBIR KERING
Jika bibir mudah mengalami iritasi, kering, dan pecah-pecah, bahkan mengelupas, itu karena bibir tak memiliki kelenjar keringat dan hanya sedikit kelenjar lemak untuk melindungi kelembapannya.
Kebiasaan buruk mengelupas kulit bibir yang kering dapat menyebabkan infeksi yang memperparah kondisinya. Bibir dengan kondisi demikian, selain terasa menyiksa karena menyakitkan, juga tidak sedap dipandang mata. Beberapa faktor yang dapat mengakibatkan bibir menjadi kering adalah:

  • Kebiasaan merokok, minum kopi dan alkohol. Mengonsumsi obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan tubuh mengalami dehidrasi, dan yang pertama kali terkena imbasnya adalah bibir.
  • Lapisan permukaan kulit bibir sangat tipis, sehingga tidak dapat beradaptasi dengan temperatur udara yang berubah-ubah secara ekstrem. Perubahan suhu panas dan dingin akan mengakibatkan bibir mudah kering.
  • Bekerja terlalu berat dan stres merupakan pasangan ideal dalam menurunkan stamina tubuh. Saat imunitas tubuh tidak prima, bibir akan mudah mengalami kekeringan dan tidak segar.
  • Iritasi dan reaksi alergi terhadap bahan tertentu, bisa dari makanan dan bahan kosmetik, seperti lipstik.
  • Pemakaian pasta gigi yang mengandung banyak detergen mengakibatkan iritasi pada kulit sekitar bibir yang sensitif.
  • Beberapa jenis makanan yang terlalu asin maupun terlalu asam.
  • Seiring bertambahnya usia, bibir makin mudah mengalami kekeringan. Masalah ini bukan hanya terjadi pada wanita, pria pun rentan mengalaminya.


MITOS & FAKTA MERAWAT BIBIR

Mitos:
Membasahi bibir dengan cara sering menjilatinya akan membuat bibir senantiasa lembap.
Fakta:
Air liur mengandung enzim tertentu. Kebiasaan ini justru dapat mengiritasi lapisan kulit terluar bibir, yang akan membuat bibir bertambah kering. Lebih baik olesi dengan lip balm.

Mitos:

Agar bibir merah alami, olesi dengan pasta gigi.
Fakta:
Warna merah pada bibir dipengaruhi oleh pembuluh darah dan pigmen yang terdapat dalam bibir. Jadi, mengoleskan pasta gigi pada bibir tidak akan membuat bibir menjadi merah alami, melainkan membuat bibir iritasi.

Mitos:
Penggunaan lipstik matte membuat bibir mudah menjadi kering.
Fakta:
Bibir tidak memiliki kelenjar keringat dan lemak, namun banyak mengandung zat pigmen yang peka terhadap sinar matahari. Apa pun jenis lipstiknya bila penggunaan terlalu sering menyebabkan bibir tidak terlindungi dan menjadi mudah kering. Manfaatkan lip balm sebelum mengenakan lipstik.

[Dari femina 46 / 2008]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: