9 Ritual Cantik Sang Ahli


1. Kulit Kencang
Setelah setiap hari menggunakan riasan wajah seharian, Ninik Puspitasari, Brand Manager Bobbi Brown, merawat kulit wajahnya dengan air sari jeruk nipis yang diaduk dengan putih telur. Oleskan ke seluruh permukaan kulit wajah dengan kuas hingga merata dan mengering. Lakukan setiap 2 minggu sekali. Dijamin, kulit wajah akan terasa kencang dan bersinar.

2. Antikeriput
Meskipun pria, make up artist Gusnaldi tak pernah melupakan ritual perawatan rutin. Ia mengambil potongan buah tomat yang mengandung vitamin A tinggi dan dihaluskan bersama potongan daging lidah buaya. Setelah itu, dioleskan ke seluruh permukaan wajah dan didiamkan selama 30 menit agar meresap. Bilas dengan air mineral, jangan dengan air sabun, agar khasiat tomat dan lidah buaya tidak cepat hilang. Campuran ini berguna untuk memperlambat proses penuaan dini sekaligus mengencangkan kulit.

3. Pori Wajah Bersih
Selama bertahun-tahun Juliana Yu, MD.H.Cosmetologist, CIBTAC, BABTAC, IPTI, ITAC, CID ESCO Dipl’l Int’l rutin melakukan perawatan 3 kali seminggu di malam hari. Telur mentah yang dibuang bagian kuningnya dihaluskan dengan blender bersama kacang almond dan oatmeal secukupnya. Campuran ini berfungsi sebagai penyerap kotoran pada wajah sekaligus mengecilkan pori-pori kulit sehingga tetap bersih dan kencang.

4. Mengangkat Sel Kulit Mati
Perawatan natural menjadi bagian rutinitas harian dr. Rahmi Primadiati SpKK. Setiap 1-2 kali sehari, ia mengoleskan wajahnya dengan yoghurt non-fat tanpa rasa, yang memiliki kandungan asam laktat. Diamkan selama 15-30 menit hingga meresap dan mengering. Tambahkan lagi sedikit olesan yoghurt untuk menggosok komedo di bagian hidung.

5. Mengurangi Minyak Berlebih
Wajah yang terlihat kusam akibat produksi minyak yang berlebih, ternyata cukup mudah diatasi. Seperti yang dilakukan dr. Hanny Nilasari SpKK. Ia rutin membuat masker dari sari buah jeruk lemon yang mengandung vitamin A, C, B1, B2, dan B3. Satu sendok sari jeruk lemon yang diperas, dikocok bersama putih telur, lalu dioleskan pada kulit wajah. Diamkan selama 10 menit hingga rata dan meresap, lalu bersihkan dengan air hangat. Wajah pun akan terlihat lebih matte dan cerah.

6. Pandangan Segar
Keletihan bukan alasan untuk tidak tampil prima. Karena itu, dr. Shannaz Nadia Yusharyahya SpKK, MHA, selalu menjaga kesegaran matanya bila dirasa terlalu letih ‘bekerja’. Ia mengompres kedua matanya selama 10 menit dengan dua potong mentimun yang sudah dicuci bersih dengan air dingin. Buah mentimun yang berkadar air tinggi ini dapat membuat otot mata lebih relaks selama mata beristirahat sambil terpejam.

7. Kelembapan Utama
Kelembutan kulit adalah salah satu hal terpenting bagi dr. Deby Vinski, AAMS. Ia menggunakan scrub dan masker setiap 2 kali seminggu. Untuk mengatasi bibir pecah-pecah, ia menggunakan scrub dari buah stroberi yang mengandung antioksidan ditambah dengan air jeruk nipis. Campuran buah stroberi yang sudah dihancurkan, digosok pada permukaan kulit bibir, lalu dibiarkan selama 20 menit. Setelah itu, bibir dibilas dengan air hangat. Untuk perawatan wajah sesudah beraktivitas di luar ruangan, ia menggunakan masker untuk wajah yang terbuat dari buah bengkuang diparut halus, lalu dicampur air rendaman bunga mawar. Masker ini dapat mendinginkan sekaligus melindungi permukaan kulit dari efek sinar matahari.

8. Keajaiban Air Teh
Sehabis melakukan perjalanan bisnis ke luar kota, terkadang wajah terasa lengket dan letih. Untuk mengatasinya, dr. Amaranila Latita SpKK, cukup menggunakan secangkir air teh yang mengandung antioksidan tinggi. Teh
yang sudah diseduh dan didiamkan semalaman, digunakan untuk membasuh wajah di pagi harinya sebelum mandi. Kulit wajah akan terasa kencang dan bersih kembali.

9. Untuk Relaksasi
Saat musim kemarau, kulit wajah akan terasa lembap dan sering berkeringat. Untuk menyegarkan wajahnya, dr. Irma Bernadette SpKK, menggunakan buah pepaya setiap 2 minggu sekali. Buah yang mengandung 80% air, gula, tartaric acid, citric acid, dan mukopolisakarida ini dapat memberikan efek dingin pada kulit wajah. Pepaya yang sudah dihancurkan dioleskan ke permukaan wajah dan didiamkan
selama 15-20 menit. Terakhir, bilas
dengan air hangat.

Penulis: Adinda Tri Wardhani

[Dari femina 36 / 2009]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: